[Movie Review] Steel Cold Winter


Steel Cold Winter

image

Directed by Choi Jin-sung
Produced by Kim Kwan-hun
Written by Choi Yoon-jin
Starring Kim Yoon-hye, Kim Shi-hoo
Running time 109 minutes

Steel Cold Winter (Hangul: 소녀 Sonyeo “Girl”

Seorang siswa Seoul, Yoon Soo baru saja pindah ke sebuah desa. Dari awal penonton sudah diperlihatkan bagaimana Yoon Soo berjuang dengan masalah psikologis, di mana ia sering mendengar suara aneh di telinganya. Beberapa kali ia diperlihatkan menelan pil. Entah apa yang terjadi di sekolahnya di Seoul yang jelas penonton sudah bisa tahu ada sesuatu dengan masa lalunya.

Di sebuah danau beku, ia melihat Hae Won yang sedang meluncur dengan ice skating. Dari pertama melihat seolah sudah ada magnet, dan ternyata mereka adalah teman sekelas. Menurut kabar selentingan yang beredar, Hae Won seorang penyendiri dan tidak punya teman. Rumor beredar bahwa ia anak aneh dan menakutkan. Ia tinggal bersama ayahnya yang mengalami gangguan mental. Rumor lain bahwa Hae Won bahkan tidur dengan ayahnya.
Di luar semua itu, Yoon Soo tidak peduli dan malah menyukai Hae Won walaupun ia dianggap aneh, cenayang, dll. Dalam waktu singkat mereka jadi dekat dan suka satu sama lain. (Yang menurut saya terlaau instant). Yoon Soo bisa melihat sisi lain Hae Won dan senyum bahagia saat bermain skating. Bahkan mereka sempat berbagi cerita bersama.

Sampai pada suatu hari, ayah Hae Won dinyatakan tewas. Apa yang dilihat Yoon Soo secara tak sengaja pada malam kejadian mulai memunculkan ketakutan. Belum lagi, masa lalh Yoon Soo menghantuinya kembali.

Film yang menyajikan suasana chilly. Dua pemeran utamanya (Kim Yoon Hye dan Kim Shi Hoo yang sudah lumayan sering wara wiri di tv dan film) juga saya rasa pas dengan karakter masing-masing. Plus ada twist juga. Sayangnya saya merasa kurang dibikin tegang.

Ada satu point yang cukup menarik. Perbandingan antara nasib babi yang dikubur hidup-hidup di-compare dengan rumor yang kejam bisa mengubur manusia hidup-hidup.

Just like pigs who had to be burried alive, crazy rumor can bury a person alive.

Leave a comment