Trip to Hong Kong, Macau, Shenzhen


Memulai perjalanan dari CGK-KUL-HKG pada tanggal 30 April 2016.

Baru saja menginjakkan kaki di Soekarno Hatta, cukup shock mendengar kabar bahwa flight kami dari CGK-KUL ternyata dicancel flightnya dikarenakan ada beberapa pesawat yang mengalami masalah dan tidak bisa terbang dari Kuala Lumpur. Menunggu 30 menit, untunglah kami bisa mendapatkan seat di flight lain yang sudah akan segera terbang. Dengan terburu-buru, kami menuju gate ruang tunggu dan syukurlah bisa tetap terbang malam itu juga. Mengingat para penumpang yang direct flight ke KL semua sudah diinapkan ke hotel dan pindah ke flight besok pagi. Hanya penumpang fly thru yang didahulukan terbang malam ini juga.

flightdetails.JPG

Sesampainya di KLIA2 sudah tengah malam. Ikuti arah ke International Transfer. Karena sudah dapat boarding pass dari Jakarta, jadi tinggal menunggu jam boarding dan menunggu info gate seperti yang tertera di layar informasi departure.

Tanpa berbekal uang ringgit, kami ngamper di bangku-bangku foodcourt. Di sana, saat hari sudah larut, beberapa orang tampak tidur di bangku-bangku itu. Siapkan jaket, jeans panjang, dan kaos kaki jika Anda tidak mau kedinginan.

Setelah melewati beberapa jam tidur seadanya (dan tidak bisa nyenyak), pagi akhirnya tiba. Beres-beres, cuci muka, dan gosok gigi dulu. oh ya, bagi yang mau mandi bisa turun ke lantai departure. Tepat di belakang lift, ada toilet yang memiliki kucuran shower. Nah di dekat daerah sini juga merupakan spot orang tidur juga. Kalau di sini lebih redup dan sunyi.

Singkat cerita, sesampainya di HKIA, hal pertama yang dilakukan adalah membeli Octopus Card di loket Airport Express Information dan Simcard di 1010. Lokasinya berdekatan, yakni setelah Anda keluar imigrasi. Harga simcardnya cukup mahal hiks.. Karena cuma ada yang paket 5GB untuk seminggu.

Day 1:
Ngong Ping, Ladies Market

Dari Airport, naik bus A21. Ikuti saja petunjuk exit airport menuju tempat pemberhentian bus. Lihat petunjuk arah “BUS”. Pembayaran dengan Octopus Card 33 HKD. Turun di halte Argyle Center. Untuk selengkapnya bisa lihat jalur PPnya di sini.

Kami menginap di A-Inn Hostel (lokasi di Mongkok) MTR Mong Kok Exit D2. Patokannya, saat exit D2, lurus ke arah Seven Eleven, tepat sebelum Sevel, ada belokan ke kiri. Langsung belok ke situ dan akan terlihat bangunan Sincere House. Naik ke lt.14 untuk check in.

Setelah mengisi perut, kami menuju ke Ngong Ping. Perjalanan ke sana menggunakan MTR. Cara naik MTR sama seperti kendaraan subway/train/kereta/MRT/TransJakarta atau apapun sebutannya di negara lain.

Contoh: Dari MTR Mong Kok mau ke Tung Chung >> Naik arah Tsuen Wan (Merah) lalu interchange di Lai King pindah ke jalur Orange arah Tung Chung.

mtr_routemap_510

Dari MTR Tung Chung Exit B, Anda akan melihat Citygate Outlets dari kejauhan. Ikuti petunjuk naik Cable Car, naiklah eskalator mengikuti antrian dan beli tiket cable car (ada pilihan standard cabin dan crystal cabin). Kami memilih yang standard saja dan pulang dengan bus no.23. Pembayaran juga dengan saldo Octopus Card. Harganya 27 HKD. Jauh lebih murah jika dibandingkan tiket Cable Car yang mencapai 130 HKD. Tapi pengalaman naik cable car cukup seru karena cukup jauh, tinggi, dan berkabut.

np
Ladies Market MTR Mong Kok Exit E2, sepanjang jalan sudah dipenuhi dengan berbagai barang yang dijual. Penuh dengan hiruk pikuk lautan manusia dan riuh rendah suara loudspeaker sepanjang jalan. Carilah barang yang murah. Kemarin saya beli flashdisk harganya 100 HKD = 10 pcs. Kaos oleh-oleh 100 HKD = 5 pcs.

Pengeluaran :

  1. Simcard 218 HKD
  2. Octopus 150 HKD
  3. Makan siang 25 HKD
  4. Minum 8 HKD
  5. Ngong Ping Cable Car 130 HKD
  6. Isi ulang Octopus 100 HKD >> dipakai untuk MTR, Bus A21, Bus no.23,
  7. Belanja di Ladies Market flashdisk, kaos, makanan, dll 320 HKD
  8. Makan malam Sevel 60 HKD
  9. Tiket dan Penginapan (Paketan Airasia Go) 3.750.000 IDR – Bagasi 180.000 IDR @ 10 kg – Meal 40.000 IDR
  • Sub total 1.011 HKD & 3.970.000 IDR

Day 2:
Times Square, Via Tokyo, The Peak, Symphony of Light

Hari ke-2 masih menjadi hari libur nasional di HK. Rencananya hari ini bermain di daerah Hong Kong island saja.  MTR Causeway Bay Exit A ada Times Square, mall besar ini memiliki brand-brand terkenal. Di Exit F1 ada Via Tokyo yang menyajikan dessert berbahan utama green tea yang menjadi andalannya.

The Peak. Turun di MTR Stasiun Central, exit J2 naik keluar belok kanan ke Chater Garden. Cari penyeberangan jalan menuju ke Queen’s Road Central, Garden Road, dan sambil menyusuri jalan kita akan melihat Bank of China & Citibank Plaza di sebelah kiri. Di sebelah kanan seberang Citibank juga terdapat St. John Cathedral, dan terdapat banyak petunjuk jalan, tinggal kita mencari arah ke Peak Tram. Di ujung jalan Garden Road, terdapat petunjuk jalan besar ke Peak Tram, tinggal menyeberangi jalan dan kita akan sampai di ticket office untuk Peak Tram ke The Peak. Sayangnya saat ke sana sedang ada perbaikan tram. Jadi semua penumpang dialihkan menggunakan bus ke sana. Antrian cukup ramai tapi karena bus Hong Kong cukup besar jadi bisa memuat banyak orang sekaligus. Harganya sekitar 9.8 HKD sekali jalan. Jadi sekitar 20 HKD PP.

thepeak

Sesampainya di The Peak, kondisi cukup berkabut tebal dan sempat disertai hujan gerimis. Setelah berkeliling, akhirnya makan siang jam 16.00 dan kembali ke daerah Tsim Sha Tsui Promenade. Menuju MTR East Tsim Sha Tsui Station, Exit J. Jalan ikuti petunjuk ke arah Tsim Sha Tsui Promenade. Patokannya lihat ada jembatan. Cukup kecewa ternyata saat ke sana, tidak ada pertunjukkan laser spektakuler seperti harapan. Hanya ada beberapa menit kedipan laser singkat mengudara ke langit. Entah apakah biasanya memang seperti ini juga? Perjalanan hari ini cukup melelahkan setelah menempuh > 20.000 langkah kaki. Saatnya istirahat!

kaki.jpg

Pengeluaran :

  1. Sarapan di Causeway Bay Area 29 HKD
  2. Via Tokyo 25 HKD
  3. Beli Kacang 12 HKD
  4. Makan Siang di The Peak 63 HKD
  5. Makan malam roti 21 HKD
  6. Isi ulang Octopus 100 HKD >> Dipakai untuk MTR, Bus PP The Peak
  7. dll 20 HKD
  • Sub total 270 HKD

Day 3:
Windows of the World, Splendid China, Dong Men Market (Shenzhen)

Perjalanan menuju Shenzhen dilakukan dengan menyeberang dari MTR Lo Wu. Ikuti petunjuk sampai Luo Hu (Shenzhen). Mengurus imigrasi terlebih dahulu ya. Dengan VOA seharga 169 Yuan/RMB, di lantai 2, kita bisa menyeberang ke Shenzhen. Isi formulir yang tersedia di lantai 2. Masuk ruang tunggu dan ambil karcis waiting list seperti di bank, tunggu nomor kita muncul dan berjalanlah ke loket pertama untuk menyerahkan form dan paspor. Setelah selesai, ke loket pembayaran di sebelahnya untuk memberikan uang yuan/RMB. Duduk sebentar dan tunggu loket terakhir (loket pengambilan visa + paspor) menunjukkan nomor kita. Taddaaa.. visa pun tertempel di dalam paspor kita. Tinggal turun lagi ke bawah dan menuju imigrasi, isi form lagi untuk menyeberang ke daratan China.

Di Shenzhen, transportasi menggunakan Metro. Caranya, lihat peta dan beli token transportasi warna hijau untuk sekali jalan. Pilih Bahasa Inggris, lalu pilih stasiun tujuan Anda, masukkan uang yang diminta (Anda akan memerlukan uang pecahan kecil, bisa ditukar di loket dengan petugas, atau pecahin uang di vending machine minuman). Dan sebuah token hijau pun keluar dari mesin pembelian. Tinggal berjalan dan antri menuju kereta tujuan.

shenzhen-metro

Tujuan pertama adalah ke Window of the World Metro stasiun Window of World exit I/J (世界之窗站 Shìjièzhīchuāng Zhàn). Tiket masuk 160 Yuan. Berisi miniatur dunia. Tempatnya sangat luas dan perlu waktu berjam-jam di sini. Siangnya sangat terik, eh menjelang sore mulai mendung. Karena sudah kesorean, dan cuaca hujan, kami tidak jadi masuk ke Splendid China & China Folk Culture Village.

Selesai mengisi perut, langsung menuju Dongmen Market stasiun Lao Jie 老街站, dan keluar melalui Exit A. Sepanjang kompleks dan jalanan dipenuhi pedagang dengan berbagai barang-barang fashion seperti baju, celana, sepatu, aksesoris, dll. Wah, bagi pecinta belanja memang wajib mampir ke sini! Ibaratnya Platinum Bangkok, ada banyak pilihan barang dengan harga lebih terjangkau dibanding di Hong Kong. Setelah di hari pertama sibuk mikirin oleh-oleh snack, akhirnya di sini bisa belanja buat diri sendiri 😀 Oh ya, orang di sini rata-rata nggak bisa Bahasa Inggris. Sesuai dugaan, jadi ngomongnya sedikit-sedikit lah. Xiao de. Zhe ge. Yi ge. Discount please. Hehe.. Pas pilih menu dengan huruf Mandarin juga, kami mengandalkan google translate apps. Tinggal foto dan scan tulisan.

Hari semakin malam dan hujan tetap mengguyur. Kami kembali ke Metro Luo Hu untuk menyeberang kembali ke Hongkong. Sampai di MTR Lo Wu, cari makanan ringan dan kembali ke hostel.

Pengeluaran :

  1. Sarapan McD 28 HKD
  2. Makan malam 30 HKD
  3. Visa 169 Yuan
  4. Makan Siang Kung Pao Chicken 25 Yuan
  5. Transportasi Metro 14 Yuan
  6. Belanja, tiket masuk WOTW, dll 562 Yuan
  • Sub total 58 HKD & 770 Yuan

Day 4:
Venetian, Senado Square, Ruins of St.Paul (Macau)

Sedikit info yang saya peroleh dari googling, di Hong Kong ada 2 Ferry Terminal yang melayani perjalanan laut menuju Macau yaitu dari mainland (Kowloon) dan dari Sheung Wan. Begitupula di Macau, ada Taipa Terminal dan Macau Maritime Terminal. Kami memilih berangkat dari Sheung Wan saja karena lebih mudah. Cukup ke Shun Tak Centre dengan MTR Sheung Wan  Exit D 3 bisa langsung tembus ke mall Shun Tak Centre. (Kalau yang di Kowloon, sekilas lihat petanya, masih harus jalan kaki lumayan dari MTRnya). Kami naik turbojet dari Sheung Wan (Suntak Centre lt.3) dan turun di Macau Maritime Terminal, Macau. Ke money changer dulu untuk menukarkan HKD dengan MOP.

macauticket.jpg

Jika Anda membeli tiket ferry, pertimbangkanlah waktu keberangkatan dengan waktu yang dibutuhkan untuk melewati antrian imigrasi, plus jalan kaki ke gate ruan tunggu. Jangan terlalu mepet jika tidak mau lari-larian. Anggap saja antrian imigrasi dan proses jalan kaki sampai ke gate membutuhkan 10-15 menit.

Dari ferry terminal, cukup mencari petunjuk shuttle bus. Enaknya, transportasi di Macau seharian ini hanya menggunakan shuttle bus gratisan saja. Ada sederet shuttle bus yang siap menanti Anda di parkiran. menuju shuttle Venetian di paling ujung dan tinggal duduk manis selama sekitar < 30 menit, kita akan tiba di depan Venetian. Keliling dan berfoto-foto (atau mau main judi ya silakan).

ven

Nah, selanjutnya untuk ke Senado Square harus naik shuttle bus berbeda. Tidak bisa dari Venetian. Aak tricky di sini karena kami tidak tahu di mana itu City of Dreams (tempat yang memiliki shuttle bus yang akan kami naiki). Setelah bertanya-tanya ternyata City of Dreams ada di seberang Venetian (Main Lobby). Setelah di main lobby, coba tanya petugas Venetian dulu, exitnya lewat mana kalau mau ke City of Dreams. Jangan sampai salah keluar. Jika exitnya benar, Anda tinggal menyeberang zebra cross saja. City of Dreams sudah terpampang di depan mata. Tinggal masuk dan tanya lagi ke petugasnya cara menuju shuttle bus ke Sintra Hotel. (Ya, benar. Untuk ke Senado Square, pilih shuttle Sintra dan tinggal jalan kaki dari Sintra Hotel ke Senado Square).

Di kanan ada Lisboa, dkk. Jalan ke kiri jika mau ke Senado Square, sampai di seberang kelihatan kantor pos, dan keramaian turis, tinggal mengikuti jalan saja sampai akhirnya tiba di Ruins of St. Paul.

ruin

Di depan sini ada banyak yang jualan cemilan terutama eggtartnya Koi Kei yang terkenal dengan harga 9 MOP/pcs.

egg

Kembali ke Sintra Hostel lagi dengan berjalan kaki (sempat nyasar karena salah belokan hehe). Lalu dari Sintra Hostel kembali dengan shuttle bus ke City of Dreams. Dari City of Dreams ada shuttle langsung ke Macau Terminal maupun Taipa Terminal. Jadi bisa langsung kembali ke ferry terminal dari City of Dreams.

Pengeluaran :

  1. Sarapan macaroni soup, egg, bread set 25 HKD
  2. Ferry 164 HKD
  3. Makan siang di Venetian Foodcourt 78 MOP
  4. Eggtart 27 MOP
  5. Minum 7 MOP
  6. Oleh-oleh kuteks 10 MOP
  7. Oleh-oleh Daiso 15 MOP
  8. Ferry 169 MOP
  9. Makan malam Cakwe 11 HKD
  • Sub total 200 HKD & 306 MOP

Day 5:
Hong Kong Disneyland

Hong Kong Disneyland terletak di Lantau. Posisinya ke arah MTR Sunny Bay lalu lanjut train Disneyland. Jika ada promo lumayan tuh, bisa coba cari di agen wisata, deal online, Klook, dll. Jika patokan dari webnya, dengan harga resmi 539 HKD, Anda sudah bisa mendapatkan tiket masuk adult (one day pass) dan combo meal (makanan dan minuman) >> Promo nih.

Dari jam 10 kurang, kami sudah tiba di sini agar bisa masuk saat gate dibuka. Kebetulan sudah beli tiket dari Indonesia dan sudah ada print out e-ticket. Tinggal antri sebentar dan scan di mesin self service. Keluarlah tiket masuk dan tiket makan untuk 1 hari. Mengapa mending beli paket tiket & meal? Karena dihitung-hitung lebih murah. Kalau beli meal terpisah, rata-rata main course harganya > 100 HKD. Sedangkan waktu itu pas beli di Tokopedia, harga entrance ticket only tidak beda jauh dengan harga plus meal.

Di sini ada beberapa pembagian wilayah: Main Street, U.S.A., Fantasy Land, Mystic Point, Tomorrowland, Toy Story Land, Grizzly Gulch, dan Adventure Land. Saat baru buka, wahana pertama yang kami temui adalah Cinderella Carousel. Karena belum ada antrian, jadi bisa langsung naik. Selanjutnya adalah The Many Adventures of Winnie the Pooh di mana kita diajak berkeliling dengan kereta melihat dan mendengar cerita Pooh, berputar bersama Mad Hatter Tea Cup, istana boneka cantik di It’s a Small World, Mickey’s Philhar Magic 3D, Fantasy Gardens, Railroad, berkeliling kereta di Mystic’s Manor, naik turun UFO di Orbitron, naik mobil-mobilan di Autopia, gila-gilaan teriak di RC Racer yang paling terrifying, Slinky Dog Spin yang menyenangkan, Toy Soldier Parachute Drop punya single rider, Big Grizzly Mountain Runaway Mine Cars, yakni roller coaster seru, punya single rider (sampai-sampai kami naik 3x), dan Closing Parade di malam hari. Sayangnya, beberapa wahana sedang under construction. Oh ya, ada juga wahana baru berbau Stark/Iron Man yang sedang dibangun.

Pengeluaran :

  1. SarapanMcD 28 HKD
  2. Air minum di Disneyland 28 HKD
  3. Isi Octopus 50 HKD >> Dipakai untuk MTR, Bus A21 besok, dan sisa beli camilan
  4. Tiket Disneyland 950.000 IDR
  5. Sevel Black Kimbab 20 HKD
  • Sub total 126 HKD & 950.000 IDR

Day 6:
Grand Plaza, Langham Place, Dimdimsum

Hari terakhir liburan di Hong Kong, kami ke Grand Plaza (MTR Mong Kok Exit E1). Sekalian bisa ke Langham Place juga di sini. Masuk dan jalan-jalan. Masih sempat beli kuteks oleh-oleh di Sasa (tempat jualan kosmetik di HK). Dannn.. di Langham Place sempat melihat standing banner Ikon yang bakal konser pas weekend. Lagu-lagu di mall ini juga Korea semua haha.. Setelah kemarin melihat poster-posteran Yoo Si Jin, baju Yoo Si Jin, ada juga Moon Shot Sandara, bus dengan foto Park Bo Gum. (*abaikan).

Wisata kuliner terakhir di Dimdimsum. Lokasinya dekat dengan A-Inn Hostel dan saking ngehitsnya, sudah ada waiting list padahal restoran baru saja buka. Soal harga, rata-rata 25-30 HKD per porsi. Rasanya biasa saja jadi bingung juga kenapa ngehits banget :p

dds.jpg

Saatnya pulang! Kembali ke hostel untuk mengambil barang titipan. Dengan susah payah memikul dan mengangkat bawaan yang sudah beranak pinak haha.. Kami menuju Exit E1 pas di depan Grand Plaza, ada halte bus A21 ke arah Airport. Ya, dengan kecanggihan website jalur bus, dipadukan dengan google maps, dan google street view, saya berhasil mendapatkan info ini dari internet. Padahal tadinya kalau nggak ketemu, saya sudah siap-siap mau tanya ke petugas hostel, darimana harus naik bus.

Pengeluaran :

  1. Sarapan di Langham Place 81 Ban Japanese Deli 28 HKD
  2. Dimdimsum 60 HKD
  3. Beli cemilan 30 HKD
  4. Kuteks 20 HKD
  • Sub total 138 HKD

TOTAL 4.920.000 IDR + 1.861 HKD (kurs x 1.715 IDR) + 770 Yuan (kurs x 2.045 IDR) + 306 MOP (kurleb 300 HKD) Kurs beli MOP dengan HKD 1,029

Banyak mata uang jadi bingung sendiri hitung menghitung, tukar menukar duitnya. Kurang lebih habis sekitar 4.920.000 + 3.191.615 + 1.574.650 + 514.500 = 10.200.765 IDR. Wah ternyata lumayan besar pengeluaran untuk menjelajah HK, SZ, dan Macau.

Advertisements

One thought on “Trip to Hong Kong, Macau, Shenzhen

  1. Pingback: Do fun at Dufan | nataliciousday

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s