[Drama Review] Reply 1988 / Answer Me 1988


reply-1988

Drama: Reply 1988
Revised romanization: Eungdabhara 1988
Hangul: 응답하라 1988
Director: Shin Won-Ho
Writer: Lee Woo-Jung
Network: tvN
Episodes: 20
Release Date: November 6, 2015 – January 16, 2016
Runtime: Fri & Sat 19:50
Language: Korean
Country: South Korea

Kembali melanjutkan kesuksesan Reply series, kali ini hadir reply 1988. Tahun kelahiran sayaaa..

Di sebuah kompleks di Ssangmun-dong, ada Duk-Sun (Hyeri), Jung-Hwan (Ryoo Joon-Yeol), Sun-Woo (Ko Gyung-Pyo), Dong-Ryong (Lee Dong-Hwi), dan Taek (Park Bo-Gum) berteman satu kompleks rumah, dari sejak kecil sampai sekarang berusia 18 tahun.

Menggambarkan kisah persahabatan dan kekeluargaan, drama ini juga masih menyajikan tema ‘misteri suami’ yang sudah tidak asing bagi penggemar serial Reply. Secara keseluruhan, mastermind Reply series masih memiliki ciri khas yang memikat penonton setia. Walaupun di awal banyak yang meragukan pemilihan Hyeri sebagai lead female, tapi keraguan itu pupus setelah melihat Hyeri membawakan karakter Duk Sun. Selain Hye Ri, Ryoo Joon Yeol juga naik daun. Oh ya, kalau di Reply 1988 ini, cast 2015 dibawakan oleh aktor dan aktris senior. Jadi sudah bukan cast muda lagi seperti di serial terdahulu karena umur mereka kan sudah tua. Park Bo Gum sendiri sudah kita kenal dari drama-drama terdahulunya.

Clue-clue mystery husband memang sering mislead, menjebak, dan sebagainya. Ya.. setiap kandidat boleh punya shipper masing-masing. Siap-siap patah hati saja saat OTP tidak berlayar. Sama seperti ketika mengetahui identitas Kim Jae Joon di Reply 1994.

Yang saya suka dari drama ini adalah kisah persahabatan dan kekeluargaan yang lebih kental. Banyak hal lucu dan mengharukan. Durasi Reply 1988 yang panjang tidak membuat saya bosan seperti waktu menonton Reply 1994.

Overall, drama yang wajib ditonton karena cerita kekeluargaan dan persahabatannya sangat kental! Bagi yang belum nonton seri sebelumnya dan bertanya-tanya mengapa seri ini bisa begitu booming, coba nonton sendiri.. Kisah anti mainstream ala cinderella dan chaebol kaya sudah terlalu membosankan. Kisah slice of life yang dekat dengan kehidupan sehari-hari dan kisah nostalgia seperti inilah yang bisa menjadi pilihan tontonan yang menarik.

Update:
Setelah drama selesai, akhir kisahnya ini banyak menjadi bahan pembicaraan di antara para netizen. Saya tidak akan spoiler di sini. Tapi yang jelas, bagi OTP yang gagal berlayar, Anda satu tim dengan saya.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s