[Book Review] 4 Ways to Get A Wife


4 Ways to Get a Wife
Oleh: Hyun Go Wun

Rilis : 2012
Halaman : 356
Penerbit : Penerbit Haru
Bahasa : Indonesia

Wanita yang suka memungut apa saja, lelaki yang selalu ditolak oleh siapa pun.

Kisah romantis mereka dalam sebuah perjanjian jangka pendek!

<Dicari: Istri Kontrak>

 Persyaratan: Usia antara 2530 tahun, fisik sehat, dan penampilan rapi. IQ diatas 130.   Memiliki pekerjaan tetap.

Kesepakatan: Diberikan uang kontrak dan upah per tahun standar lulusan universitas

                           Disediakan pakaian dan pembantu rumah tangga

                         Setelah kontrak selesai, akan diberikan keuntungan khusus seperti belajar di luar negeri

Perhatian: Bukan kontrak seumur hidup. Masa kontrak maksimal 3 tahun. Kontrak akandiperbarui setiap tahun. Tidak diperbolehkan adanya kontak fisik atau keluhan apa pun.

Lampirkan CV, surat keterangan kesehatan, dan sertifikat tes IQ.  Wawancara akan dilakukan setelah lulus seleksi dokumen.

Dunia sepertinya sudah semakin gila ketika aku melihat iklan untuk mencari ‘istri kontrak’ yang terpasang di koran hari itu. Apalagi, ketika wanita yang terpilih menjadi kandidat dari iklan itu adalah adikku sendiri yang baru berumur 20 tahun, yang memiliki perbedaan umur lebih dari 12 tahun dengan lelaki itu. Benar-benar sinting!

Setelah bersusah payah menjauhkan dan menyelamatkan adikku, lelaki itu malah berkata padanya dengan wajah datar. ‘Tidak ada burung pegar, ayam pun jadi’.

Ayam? Siapa yang ayam? Sekarang ia malah menawariku menjadi istri kontraknya!

***

Membaca sinopsis di atas dan membaca nama Hyun Go Wun “1% Change of Anything dan Creating Destiny” membuat saya yakin untuk membaca novel ini.

Geon Hyeong adalah seorang anak hasil di luar hubungan nikah. Ayahnya memang keturunan Goryeo Group, yang dikenal sebagai hidung belang. Bahkan ada kemungkinan bahwa ayahnya memiliki lebih dari satu anak haram. Dugaan itu muncul saat melihat sebuah foto tua menunjukkan sang ayah sedang bersama wanita asing yang sedang hamil. Statusnya sebagai anak haram tersebut membuat Geon Hyeong tidak disukai oleh Nyonya Oh, sang ibu tiri.  Statusnya itu juga membuat keluarga Shin Hee, sang kekasih kurang menyetujui hubungan mereka. Di saat hubungan Geon Hyeong dan Shin Hee semakin buruk, Shin Hee malah menawari Geon Hyeong untuk dicarikan wanita baru sebagai penggantinya. Shin Hee bahkan menayangkan iklan pencarian istri kontrak di koran.

Jung Won, seorang ahli nutrisi di sebuah kampus, tiba-tiba jadi terlibat dalam masalah ini. Semua ini dimulai dari Hee Won, sang adik yang iseng mengirimkan CV untuk melamar sebagai istri kontrakan. Jung Won yang berusaha melindungi adiknya datang ke kantor Geon Hyeong untuk marah-marah. Sikap Jung Won yang sangat menyayangi dan peduli pada adiknya membuat si Geon Hyeong jadi tertarik pada Jung Won. Selama ini, dia belum pernah merasakan ada anggota keluarganya yang sebegitu perhatian padanya. Jung Won sangat perhatian pada kedua adiknya, bahkan kepada sepupunya. Walaupun hidup dengan susah namun mereka selalu diperhatikan oleh Jung Won.

Geon Hyeong akhirnya memutuskan menggunakan Jung Won sebagai kekasih palsunya. Kontrak mereka baru selesai jika Shin Hee sudah menikah. Geon Hyeong hanya ingin menjauhi Shin Hee. Baginya orang tua Shin Hee sampai kapanpun tak akan pernha menyetujui menantu yang lahir dari hubungan luar nikah. Geon Hyeong dan Jung Won datang sebagai pasangan di acara pernikahan Shin Hee. Jujur saja Shin Hee tentu sangat kecewa. bisa dibilang akibat iklannya lah, Geon Hyeong bisa bertemu Jung Won. Shin Hee yang kabur dari pernikahan masih memiliki perasaan pada Geon Hyeong.

Berada di antara Shin Hee dan Geon Hyeong, Jung Won selalu merasa jadi ‘kecil’ dan tidak ada apa-apanya. Sedangkan Shin Hee sendiri merasa ia tidak akan bisa menang melawan gadis sebaik Jung Won.

Seperti yang sudah bisa ditebak, lama-kelamaan Jung Won semakin merasa nyaman bersama Geon Hyeong begitupula sebaliknya. Tadinya, Jung Won selalu disilaukan oleh ‘pangeran’ Kim Sonsaengnim. Sekarang, pesona itu redup sedikit demi sedikit. Geon Hyeong yang awalnya merasa tidak akan betah tinggal di rumah sederhana Jung Won, malah jadi terbiasa keluarga Jung Won. Sampai pada akhirnya Geon Hyeong melihat sebuah foto tua, foto ayahnya bersama ibu Jung Won yang sedang hamil. Ia tidak sanggup berbagi ayah kandung dengan Jung Won. Apakah benar itu akan terjadi?

Cerita novel ini layaknya cerita drama Korea umumnya. Tema kawin kontrak pun tidak terlalu asing lagi. Bagi penggemar comedy romance Korea, novel ini cocok untuk dibaca. Walaupun jalan cerita dan konfliknya yang ringan, namun cerita yang mengalir tidaklah membosankan. Mengenai judulnya sendiri.. tadinya saya pikir akan ada chapter-chapter yang berisi 4 ways to get a wife, namun ternyata judulnya tidak terlalu mencerminkan isi cerita karena tidak ada chapter khusus tentang 4 cara tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s